PMR

PROFIL SINGKAT PMR SMKN 1 BANDUNG

PALANG MERAH REMAJA

SMKN1 BDG Youth Red Cross

Pembina: Dra.Etty Styawaty/Fasilitator: Dani Herman Latihan: Sabtu Jam : 8.00 – 11.30 WIB

Sekretariat

SMKN 1 Bandung
Jl.Wastukencana No.3 Bandung

Rasional

Kegiatan Ekstra PMR merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMKN 1 Bandung, Di mana kegiatan ekstra ini memfokuskan pada materi-materi Kesehatan, Pertolongan Pertama (PP), Penanggulangan Pada Gawan Darurat (PPGD) dan bidang sosial.

Melalui kegiatan ekstra PMR ini siswa-siswi yang memiliki hobi, cita-cita menjadi petugas kesehatan dan berminat menjadi relawan, dapat menyalurkan minat-bakat mereka tersebut, karena selain menerima materi, para siswa-siswi juga bisa—langsung—praktek di sekolah.

Selaku petugas kesehatan di sekolah mereka adalah Kader Kesehatan Remaja dan Kader Relawan yang harus selalu berlatih dan mengasah keahliannya dalam wadah kegiatan ekstra PMR.

Tujuan

Tujuan bagi siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstra PMR ini meliputi:

Penguatan kualitas siswa (anggota PMR) dan pembentukan karakter.

Anggota PMR dapat mengenal berbagai macam obat-obatan (yang harus dan tidak harus menggunakan resep dokter) dan peralatan medis lainnya.

Anggota PMR mampu memberikan Pertolongan Pertama pada orang lain yang memerlukan Penanganan Medis Dasar (Darurat Medis).

Anggota PMR mampu berorganisasi dengan baik.

Anggota PMR dapat membantu meringankan tugas Bapak atau Ibu Guru, karena penanganan siswa yang sakit di sekolah bisa dilakukan oleh anggota PMR dari siswa sendiri.

Anggota PMR dapat meningkatkan Keterampilan dan Kedisiplinan, serta Ketulusan dan Kejujuran melalui kegiatan ekstra PMR ini.

Anggota PMR sebagai contoh dalam berperilaku hidup sehat bagi teman sebaya.

Anggota PMR dapat memberikan motivasi bagi teman sebaya untuk berperilaku hidup sehat.

Anggota PMR sebagai pendidik remaja sebaya.

Anggota PMR adalah calon relawan masa depan.

Sasaran

Sasaran kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMKN1 Bandung ini adalah seluruh siswa-siswi mulai dari Kelas X sampai dengan Kelas XI karena target untuk menjadi petugas kesehatan atau relawan PMI adalah 10% dari seluruh siswa.

Upaya

Selama ini kegiatan ekstra PMR telah berupaya untuk memajukan kualitas maupun kuantitasnya dengan cara sebagai berikut:

Merekrut anggota baru setiap tahunnya, yakni saat tahun ajaran baru.

Mengadakan latihan rutin seminggu sekali.

Mengadakan DIKLATDAS (Pendidikan dan Latihan Dasar) Kepalangmerahan, dan mengadakan ujian bagi anggota yang akan mengikuti kenaikan tingkat maupun ketika akan mengambil atribut atau tanda jenjang.

Mengadakan latihan persahabatan dengan sekolah lain menggunakan peralatan pp standar pmi kota bandung
Mengadakan simulasi Penanggulangan Pada Darurat Medis, Sekolah Siaga Bencana.

Mengikuti beberapa event lomba yang ada.

Menambah peralatan untuk melengkapi alat yang sudah ada.

Pelatihan diarahkan pada peran PMR sebagai peer educator, peer leadership, dan peer support dengan menekankan pada perilaku hidup sehat dan pengurangan risiko sesuai prinsip-prinsip dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Agar proses belajar dan kegiatan menjadi aktivitas kehidupan nyata yang dihayati dengan penuh kegembiraan membantu anggota PMR menikmati kegiatan dan membangun imajinasi tentang apa dan bagaimana seharusnya menjadi anggota PMR.
Biodata pelatih lihat disini